Pages

Saturday, June 16, 2012

Mengatur efek pada tombol

Pada tutorial kali ini kita akan membuat tombol  berbentuk persegi panjang yang apabila kursor diletakkan diatas tombol akan muncul garis tepi tebal.
Adapun cara pembuatannya sebagai berikut.
  1. Membuat sebuah gambar persegi panjang  dengan rectangle tool
  2. Ubah warna fill nya menjadi putih dengan cara klik satu kali pada gambar persegi panjang tersebut kemudian pilih Fil color >warna putih pada menu tools.
  3. Seleksi persegi panjang tersebut dengan cara klik dua kali pada persegi panjang tersebut kemudian klik kanan pada mouse dan pilih convert to symbol.
  4. Tuliskan myButton pada kolom menu yang muncul dan pada kolom type pilih button kemudian ok
  5. Sehingga gambar persegi panjang tersebut sekarang berubah menjadi tombol dengan nama myButton.
  6. Klik tombol tersebut sebanyak 2 kali untuk masuk ke dalam mode edit symbolnya. Didalam tombol terdapat 4 keyframe yang di atasnya masing2 tertulis up, over, down, dan hit
  7. Di dalam mode edit symbol klik kursor di frame over kemudian insert keyframe sehingga persegi panjang yang ada di frame up tersalin ke frame over juga.
  8. Klik pada garis persegi panjang di frame over kemudian buka properties. Pada bagian Fill and stroke ubahlah srokenya dengan menggeser ke kanan sehingga garisnya menjadi besar.
  9. Insert keyframe lagi di frame down. Kemudian kecilkan garisnya dengan cara buka properties. Pada bagian Fill and stroke ubahlah srokenya sesuai dengan garis di frame up tadi.
  10. Membuat layer lagi dengan cara insert layer. Di layer ini menulis “tombol” dengan menggunakan text tool. Atus supaya tulisan tersebut tepat di atas tombol
  11. Klik scene 1 untuk keluar dari menu edit symbol
  12. Klik tombol tersebut kemudian buka properties. Isilah dengan tulisan btnCount di Instance name
  13. Kemudian di frame 1 di kasih actions script sebagai berikut
  14. btnCount.addEventListener(MouseEvent.CLICK, countUp);
    function countUp(evt:MouseEvent):void {
            numPressed++;
            trace("Button was pressed " + String(numPressed) + " times.");
    }
  15. Untuk melihat hasilnya silakan menekan tombol Control>Test Movie atau di keyboard menekan tombol Crtl dan Enter secara bersama-sama sehingga di output akan muncul keterangan bahwa tombol sudah ditekan berapa kali.
Berikut ini link download contohnya .swf dan .fla

0 comments:

Post a Comment